Selamat Datang di blog KUA Tibawa Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo, Dalam rangka meningkatkan pelayanan prima, KUA Tibawa menerapkan pelayanan berbasis IT

Akad Nikah

akad nikah ialah ijab daripada pihak wali perempuan atau wakilnya dan qabul dari pihak calon suami atau wakilnya.

Pelayanan Berbasis IT

Dalam rangka meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat, kami menerapkan pelayanan berbasis IT di KUA kami.

Kantor Kami

Kami selalu siap melayani dengan sepenuh hati, profesional dan proposional.

Manasik Haji

Salah satu tugas Kami adalah melayani bimbingan haji jamaah kecamatan tibawa.

Keluarga Sakinah

Salah satu kunci keluarga sakinah adalah adanya cinta dan kasih sayang suami dan istri yang dibangun di atas spirit saling membahagiakan..

PENILAIAN KUA TKT. PROVINSI GORONTALO


TIBAWA – Tim penilai lomba Kantor Urusan Agama (KUA) Teladan tingkat Provinsi Gorontalo mengunjungi KUA Kecamatan Tibawa untuk melakukan serangkaian penilaian. Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kementerian Agama Prov. Gorontalo, Drs. H. Sabara Karim Ngou, M.Pd.I menyatakan, Kepala KUA harus berkompetisi melakukan inovasi dalam pelayanan. Hal itu diutarakan  dalam sambutannya ketika meninjau KUA Kec Tibawa, Kamis (26/05). 
 
“Biasanya, KUA yang diutus mengikuti penilaian KUA teladan hanya melalui penunjukan, Alhamdulillah untuk Kab. Gorontalo benar-benar melalui proses seleksi. Sehingga beliau sangat mengharapkan agar kedepannya semua KUA yang ikut penilaian KUA Teladan Tkt. Provinsi benar-benar hasil seleksi dari daerah.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Kab. Gorontalo, Drs. H. Yudin Moonti, M.Pd.I mengungkapkan dalam sambutannya, KUA Kec Tibawa memiliki kelebihan dalam Tekhnologi Informasi yaitu dengan adanya Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) yang belum dimiliki oleh KUA yang ada di Prov. Gorontalo, sehingga dipercayakan tahun ini untuk mewakili Kab. Gorontalo dalam lomba KUA Teladan tingkat Prov. Gorontalo. (Kua Tibawa:26/05)


Visi dan Misi

  Visi

Terwujudnya Pelayanan Prima dibidang Urusan Agama Islam dengan Semangat Kerja Keras, Inovatif dan kreatif di Wilayah Kecamatan Tibawa

Misi      :              
1.        Meningkatkan pelayanan nikah dan rujuk yang tepat aturan, tepat waktu dan akurat dalam  data yang berbasis tekhnologi informasi 
2.     Membentuk Kelompok keluarga sakinah
3.     Meningkatkan pelayanan dan pembinaan kemasjidan
4.     Meningkatkan pelayanan dan pembinaan zakat dan wakaf
5.      Meningkatkan Bimbingan dan pelayanan Ibadah Haji
6.      Meningkatkan sinergi dengan instansi lintas sektoral

Menag: Jajaran Kemenag Agar Kedepankan Sikap Responsif

Jakarta(Pinmas)--Menteri Agama H Suryadharma Ali mengingatkan seluruh jajaran Kementerian Agama agar mengedepankan sikap responsif. Sikap responsif akan mendorong lahirnya langkah-langkah yang reflektif, konseptual, dan komprehensif. Sedangkan sikap reaktif seringkali membuat kita kehilangan fokus dan perspektif terhadap dimensi persoalan yang bersifat strategis dan jangka panjang.